Langsung ke konten utama

Cara Menginstal OS linux ubuntu di VMware Workstation

Baik sebelumnya perlu temen - temen ketahui terlebih dahulu apa sih VMware itu ???👀

Apa Itu VMware?

       VMware adalah software virtualisasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat virtual machine. Sebenarnya nama VMware diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc.

Apa Kegunaan VMware?

      VMware memungkinkan kamu untuk membuat virtualisasi server, komputer, sistem operasi, storage device, aplikasi, networks, dsb.
Jadi bisa dibilang dengan VMware ini kamu bisa membuat komputer virtual di dalam komputer fisik, serta menjalankan sistem operasi didalam sistem operasi lainnya.
Di area server, virtualisasi VMware bisa digunakan untuk memaksimalkan resource hardware server memecah satu server fisik menjadi beberapa server virtual yang fungsional.
Di area penggunaan sehari-hari, virtualisasi VMware bisa kita manfaatkan untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi, misalnya menjalankan Linux di dalam Windows (dan sebaliknya). Selain untuk keperluan testing, ujicoba OS, kita juga bisa memanfaatkannya untuk membuat sistem yang terisolasi dan tidak merusak sistem utama meskipun sistem di virtual machine tersebut kita oprek-oprek sesuka hati.
WinPoin sendiri menggunakan VMware untuk membuat sistem virtual untuk diotak-atik sebagai bahan tutorial, tanpa harus khawatir merusak sistem operasi utama.

Kamu bisa memanfaatkan virtual machine hasil virtualisasi VMware untuk keperluan apapun kamu inginkan.



1.    1, Berang berang bawa tongkat, berangkatttttt, okey langsung aja kita belajar menginstall ubuntu linux, langkah pertama kita buka terlebih dahulu aplikasi Vmware Workstationnya, dan akan tampil tampilan seperti gambar di bawah, terdapat beberapa pilihan dan karena kita akan membuat Virtual baru maka pilih Create a New Virtual Machine untuk membuat Virtual baru tersebut :
2.   2. Dibawah ini akan muncul Wizard, Lalu temen2 pilih Typical dan klik next untuk melanjutkan penginstalan

3. Setelah tadi kita memilih Typical  maka akan muncul tampilan seperti di bawah, jika temen2 mempunyai CD instalan ubuntu maka tinggal pilih yang installer disc, tapi jika temen2 menggunakan .ISO maka tinggal pilih saja Installer disc image file (iso), kalau saya untuk menginstal ubuntu ini menggunakan .ISO .

4.  Klik browse untuk mencari .ISO tersebut lalu klik open


5. Untuk .ISO saya memakai ubuntu 12.04.3, setelah tadi temen2 klik open maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, klik lagi next :

6. Selanjutnya temen2 akan diminta untuk mengisikan Full name itu untuk nama komputer tersebut, kemudian User name itu untuk user dan password untuk kata sandi, nah temen2 harus mengingat user name/passwordnya karena  ini nantinya berfungsi untuk kita masuk ke OS linux nya, setelah di isi lalu klik next


7. Dan selanjutnya itu adalah memberi nama untuk virtual machine nya, temen2 bebas memberi nama nya J


8. Nah kemudian temen2 di perintahkan untuk menentukan berapa ukuran penyimpanannya, itu di sesuaikan dengan kebutuhan kita saja, tapi biasanya untuk ini sudah di rekomendasikan otomatis yaitu 20 GB jadi temen2 tinggal lanjut saja klik next

9.  Ini adalah tampilan ketika kita sudah melakukan konfigurasi untuk menginstal OS Linux Ubuntu ini, dan teemen2 tinggal klik finish untuk memulai instalasi OS Linux Ubuntu ini

10. Ini adalah tampilan ketika penginstalan sedang berlangsung, dan temen2 cukup tinggal menunggu beberapa menit saja .


11. Nah ketika selesai menginstall maka akan muncul tampilan berikut, dan temen2 tinggal login saja dengan cara memasukkan password yang telah kita buat tadi ;)

 12. Selesaiiiii, ini lah tampilan OS Linux Ubuntu 12.04 😎😎




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Internal Command (DOS)

1.      Macam-macam Perintah Internal Disk Operating System (DOS)             MS-DOS adalah singkatan dari Microsoft Disk Operating System, yaitu Sistem Operasi berbasis baris-perintah (command-line) yang digunakan pada PC. Seperti sistem operasi lain contohnya OS/2, ia menterjemahkan input dari keyboard menjadi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh komputer, ia juga dapat menangani pekerjaan seperti input dan output pada disket atau harddisk, dukungan video, kontrol keyboard , dan banyak lagi fungsi-fungsi internal lainnya yang berkaitan dengan eksekusi sebuah program dan pemeliharaan file. Perintah MS-DOS diketikkan dalam sebuah jendela yang disebut Command Prompt Window. Untuk keluar dari MS-DOS, ketik exit dalam jendela tersebut yaitu pada kursor yang berkedip-kedip.             MS-DOS Mode adalah sebuah shell dimana lingkungan MS-DOS di-emulasikan dalam Sistem Operasi 32-bit, seperti Windows. Program berbasis MS-DOS dapa

MACAM - MACAM TOPOLOGI JARINGAN

Sebelum kita ke pembahasan artikel tentunya kita harus jugamengetaui apa itu yang dimaksud dengan topologi ?.  Topologi  adalah sebuah jaringan yang melakukakn penyusunan terhadap jaringan yang komponennya berupa node, link dan station. Semua itu dilakukan agar pekerjaan sebuah komputer lebih mudah digunakan untuk beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan. Topologi  dalam telekomunikasi juga cara untuk menghubungkan berbagai macam perangkat untuk membentuk sebuah jaringan. Untuk itu pemilihan topologi yang tepat akan memengaruhi kecepatan jaringan pada komputer yang terhubung masing-masing. 1.  Topologi Bus Topologi bus ini adalah sebuah topologi yang dimana pertama kali digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer dan juga merupakan salah satu dari  Macam-macamJaringan Topologi yang Digunakan Untuk Menghubungkan Perangkat  . Kenapa dikatakan sebuah topologi Bus ? Karena semua komputer yang terhubung dalam jaringan secara langsung pada media transmisi dengan ko

ROUTING ( STATIC & DYNAMIC )

A.        Berikut Beberapa Definisi atau pemahaman tentang Routing 1.         Routing, adalah sebuah proses untuk meneruskan paket-paket jaringan dari satu jaringan ke jaringan lainnya melalui sebuah internetwork. Routing juga dapat merujuk kepada sebuah metode penggabungan beberapa jaringan sehingga paket-paket data dapat hinggap dari satu jaringan ke jaringan selanjutnya. Untuk melakukan hal ini, digunakanlah sebuah perangkat jaringan yang disebut sebagai router. Router-router tersebut akan menerima paket-paket yang ditujukan ke jaringan di luar jaringan yang pertama, dan akan meneruskan paket yang ia terima kepada router lainnya hingga sampai kepada tujuannya 2.         Routing adalah kegiatan menentukan jalur pengiriman data dalam suatu jaringan, menentukan jumlah host dalam jaringan, dan lain-lain. Suatu router membuat keputusan berdasarkan IP address yang dituju dan juga dari topologi jaringan.  Agar keputusan routing tersebut benar, router harus mengenal seluruh seluk b